Petunjuk Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Rekening Bantuan Operasional Sekolah (SIRBOS)
Tujuan Pembuatan Dokumen
Dokumen petunjuk penggunaan aplikasi (user manual) ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan panduan bagi user dalam menjalankan Sistem Informasi Rekening Bantuan Operasional Sekolah (SIRBOS) secara maksimal kepada user. Dengan dapat dioperasikanya aplikasi ini, diharapkan informasi dapat lebih cepat sampai kepada tujuan.
Deskripsi Umum Sistem
Aplikasi ini berupa Dashboard Monitoring Verifikasi Rekening BOS, yang digunakan oleg Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Deskripsi Dokumen
Dokumen ini berisikan informasi sebagai berikut:
- Pendahuluan, Berisi informasi umum yang meliputi tujuan pembuatan dokumen, deskripsi umum sistem, dan deskripsi dokumen.
- Kebutuhan Sumber Daya, Berisikan informasi perangkat yang dibutuhkan untuk mengoperasikan Sistem Informasi Rekening Bantuan Operasional Sekolah (SIRBOS), meliputi perangkat lunak dan perangkat keras.
- Mengoperasikan Aplikasi, Berisikan informasi yang menjelaskan langkah-langkah pengoperasian aplikasi oleh user sesuai batasan akses yang diperoleh.
Kebutuhan Sumber Daya
Perangkat Lunak Pendukung (Software Requirement)
Kebutuhan perangkat lunak (software) yang digunakan untuk dapat mengakses Aplikasi (Nama Aplikasi) adalah:
- Sistem Operasi (Operating System (OS))
- OS yang disarankan minimum Windows 7
- Komponen
- Web Browser (Google Chrome, Opera, Microsoft Edge, )
Perangkat Keras Pendukung (Hardware Requirement)
Kebutuhan perangkat keras (hardware) minimum yang digunakan untuk dapat mengakses Aplikasi (Nama Aplikasi) adalah:
- Procesor : Dual Core
- Kapasitas RAM : 2 GB, minimum 1 GB free
- Harddisk : HDD 40GB
- Monitor : VGA 64 Mb
Jaringan Internet (Internet Network)
Diperlukan jaringan internet untuk mengakses aplikasi ini, dan perlu diperhatikan kebutuhan akses jaringan internet sebagai berikut ;
- Bandwidth Minimum : 256 Kbps
- Akses internet : Modem USB, LAN (Local Area Networking), WiFi, atau dial-up modem.
- Akan lebih baik jika kecepatan bandwidth di atas 256 Kbps dan sinyal menunjukan HSDPA atau jaringan
Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia yang direkomendasikan untuk mengoperasikan aplikasi ini adalah:
- Terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer,
- Terbiasa menggunakan aplikasi berbasis Website,
- Memahami cara menggunakan dan mengoperasikan aplikasi
Login Aplikasi
Berikut adalah prosedur untuk memulai akses terhadap aplikasi SIRBOS, diantara lain:
- Buka sistem aplikasi SIRBOS melalui web browser (Google Chrome, Firefox, Opera atau lainnya) dengan alamat url sebagai berikut: https://bos.kemdikbud.go.id/rekening/
- Kemudian tekan Enter pada tombol keyboard atau klik tombol Go pada browser, maka akan tampil halaman login seperti berikut:
Gambar 1. Halaman Login SIRBOS
- Pilih login type sebagai Sekolah, klik tombol , maka akan tampil halaman seperti berikut:
Gambar 2. Halaman Login Dapodik
- Klik tombol , maka akan tampil halaman seperti berikut:
Gambar 3. Halaman Login Alternatif
- Pada halaman login Dapodik, masukan username dan password.
- Pada halaman login Alternatif Sekolah, masukan E-mail Operator, NPSN dan Kode
- MasukanEmail dan Password lalu klik , maka tampil halaman utama aplikasi SIRBOS Sekolah seperti berikut:
Gambar 4. Halaman Awal Aplikasi SIRBOS Sekolah
Gambar 5. Halaman Menu Daftar Rekening
- Pilih , untuk menampilkan data berasarkan jumlah entri yang di pilih.
- Pilih kolom , untuk mencari data sekolah yang di inginkan.
- Klik tombol , apabila mengalami gagal
- Klik “Detail”, maka akan tampil halaman detail dari daftar rekening yang dipilih
Gambar 6. Halaman Detail Daftar Rekening
Gambar 7. Halaman Menu Konfirmasi Rekening
- Klik tombol untuk merubah data rekening apabila nomor rekening berbeda dengan Bank, akan tampil halaman seperti berikut
Gambar 8. Halaman Perubahan Data Rekening
- Pilih kode bank dari dropdown list
- Masukan nomor rekening
- Masukan nama rekening
- Masukan cabang bank
- Klik tombol untuk memproses perubahan data
Gambar 9. Halaman Menu Konfirmasi Dana BOS
- Klik tombol , maka akan tampil notifikasi Konfirmasi
Gambar 10. Halaman Menu Laporan Sekolah
- Pilih kolom “Tahun”, lalu klik tombol untuk melakukan proses penampilan data berdasarkan tahun yang
- Klik tombol untuk menambah data Laporan Dana BOS Dan akan tampil halaman seperti berikut:
Gambar 11. Halaman Tambah Data Laporan Sekolah
- Langkah Pengoperasian:
Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakulikuler
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler
Item |
Keterangan |
Tahun |
Sudah otomatis terisi dan tidak dapat diubah |
Tahap |
Pilih dari dropdown list |
Sisa Dana Tahap Sebelumnya |
Sudah otomatis terisi dan tidak dapat diubah |
Dana Yang Diterima |
Masukan jumlah dana BOS yang diterima |
Penerimaan Peserta Didik Baru |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk penerimaan peserta didik baru |
Pengembangan Perpustakaan |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk pengembangan perpustakaan |
Kegiatan Asesmen/Evaluasi Pembelajaran |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk kegiatan asesmen/evaluasi pembelajaran |
Administrasi Kegiatan Sekolah |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk administrasi kegiatan sekolah |
Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan |
Langganan Daya dan Jasa |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk langganan daya dan jasa |
Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk pemeliharaan sarana dan prasarana Sekolah |
Penyediaan Alat Multi Media Pembelajaran |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk penyediaan alat multi media pembelajaran |
Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus, Praktik Kerja Industri Atau Praktik Kerja Lapangan Di Dalam Negeri, Pemantauan Kebekerjaan, Pemagangan Guru, dan Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk penyelenggaraan bursa kerja khusus, praktik kerja industri atau praktik kerja lapangan di dalam negeri, pemantauan kebekerjaan, pemagangan guru, dan lembaga sertifikasi profesi pihak pertama |
Penyelenggaraan Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian, Sertifikasi Kompetensi Keahlian Dan Uji Kompetensi Kemampuan Bahasa Inggris Berstandar Internasional Dan Bahasa Asing Lainnya Bagi Kelas Akhir SMK Atau SMALB |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk penyelenggaraan kegiatan uji kompetensi keahlian, sertifikasi kompetensi keahlian dan uji kompetensi kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional dan bahasa asing lainnya bagi kelas akhir SMK atau SMALB |
Pembayaran Honor |
Masukan jumlah dana yang terpakai untuk pembayaran honor |
Total Penerimaan Dana |
Total akan terisi otomatis sesuai dengan jumlah dana dari kolom penerimaan dana |
Total Pengeluaran |
Total akan terisi otomatis sesuai dengan jumlah pengeluaran dari semua kegiatan |
Sisa Dana |
Total akan terisi otomatis sesuai dengan total penerimaan dana dikurangi total pengeluaran |
Klik tombol untuk menyimpan data |
Gambar 12. Halaman Menu Laporan Penyaluran
- Pilih kolom Tahun, maka akan tampil dropdown list
- Pilih kolom Tahap, maka akan tampil dropdown list
- Pilih kolom Propinsi, maka akan tampil dropdown list
- Pilih kolom Kabupaten, maka akan tampil nama kabupaten berdasarkan Propinsi yang
- Klik tombol untuk melakukan proses penampilan data berdasarkan parameter yang dipilih
Gambar 13. Halaman Menu Laporan RKUN
- Pilih kolom Tahun, maka akan tampil dropdown list
- Pilih kolom Tahap, maka akan tampil dropdown list
- Klik tombol untuk melakukan proses penampilan data berdasarkan parameter yang dipilih
- Dan klik tombol untuk mengunduh data dalam bentuk .xls
Gambar 14. Halaman Menu Penggunaan Dana
- Pilih kolom Tahun, maka akan tampil dropdown list
- Pilih kolom Tahap, maka akan tampil dropdown list
- Pilih kolom Propinsi, maka akan tampil dropdown list
- Pilih kolom Kabupaten, maka akan tampil nama kabupaten berdasarkan Propinsi yang
- Klik tombol untuk melakukan proses penampilan data berdasarkan parameter yang dipilih
- Dan klik tombol untuk mengunduh data dalam bentuk .xls
Tanggal |
Deskripsi |
Versi |
Dibuat Oleh |
08 April 2020 |
Pembuatan awal dokumen User Manual |
1.0 |
Nur Huzumah |
13 Agustus 2020 |
|
2.0 |
Nur Huzumah |
18 Agustus 2020 |
Perubahan menu Konfirmasi Rekening |
2.1 |
Nur Huzumah |